20 Daftar Belanja Bulanan, Mau Hemat? Ini Caranya!

Firman Herdiansah

Daftar Belanja Bulanan Kebutuhan Dapur Ibu Rumah Tangga

Daftar belanja bulanan dapur menjadi hal penting di dalam rumah tangga supaya bisa lebih hemat. Karena kalau tidak memiliki daftar belanja, kemungkinan besar uang bulanan rumah tangga sobat kuliner akan cepat habis.

Mengetahui daftar belanja bulanan maka sobat kuliner dan para bunda dapat disiplin dalam membeli sesuai daftar kebutuhan dapur rumah tangga. Dengan begitu maka sobat kuliner bisa mengatur keuangan menjadi lebih hemat sehingga sobat kuliner bisa menyisihkan sedikit uang sisanya guna di tabung atau dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

Bicara mengenai daftar belanja bulanan rumah tangga terbagi menjadi banyak hal mulai dari kebutuhan pokok atau dapur seperti beras dan bumbu-bumbu, perlengkapan kebersihan, dan kebutuhan lainnya yang memang memiliki sifat perlu dibeli dalam kurun waktu satu bulan sekali.

Agar sobat kuliner dan para bunda lebih jelas mengenai list belanja bulanan ada apa saja, di sini corecitypark sudah rangkum daftarnya. Jadi silakan lihat list daftar belanja bulanan kebutuhan dapur rumah tangga berikut ini.

List Daftar Belanja Bulanan Ibu Rumah Tangga

Daftar Belanja Bulanan
Source : superapp.id

Untuk list daftar belanja bulanan sendiri terdapat banyak jumlahnya, namun hal yang wajib sobat kuliner utamakan adalah kebutuhan pokok terlebih dahulu. Maka dari itu dengan adanya daftar belanja akan sangat membantu sekali bagi para sobat kuliner.

Penasaran ada apa saja daftar belanja per bulan kebutuhan dapur rumah tangga? Mari simak beberapa daftar belanja berikut ini:

1. Beras

Beras adalah makanan pokok yang harus dibeli setiap bulan, jadi beras wajib masuk dalam list belanja bulanan sobat kuliner. Pembelian beras dapat dilakukan sekali per bulan dengan jumlah banyak atau per karung sekalian. Selain itu pembelian beras dalam jumlah banyak juga akan mempengaruhi harganya yang bisa lebih miring.

2. Minyak Goreng

Minyak goreng menjadi kebutuhan dapur yang pastinya harus ada setiap hari, maka memasukkan minyak goreng ke list daftar belanjaan bulanan adalah hal wajib. Karena peranan minyak goreng pada kebutuhan dapur sangat penting, karena dalam urusan pengolahan makanan butuh apa itu namanya minyak goreng.

3. Bumbu Kering

Selain dua kebutuhan di atas, bumbu dapur juga harus ada. Nah keperluan bumbu dapur kering masuk ke dalam daftar belanja per bulanan. Adapun untuk contoh bumbu dapur kering seperti bubuk bawang putih, bubuk cabai, bubuk lada, bubuk ketumbar, dan beberapa lainnya. Sobat kuliner dapat membeli dalam kemasan sachet.

4. Bumbu Basah

Tidak hanya bumbu kering, sobat kuliner dan para bunda juga wajib memasukan bumbu dapur basah ke dalam list belanja bulanan. Untuk contoh bumbu dapur basah di antara lainnya bawang putih, bawang merah, kencur, kunyit, cabai, daun bawang serta banyak lainnya. Untuk harganya, bisa saja berubah per harinya jadi silakan beri anggaran lebih.

5. Ayam, Daging Atau Ikan

Jika sudah memasukkan beras, tentu saja harus memasukkan lauk-pauk. Ya ayam, daging dan ikan dapat dimasukkan ke dalam daftar belanja bulanan kebutuhan dapur rumah. Dengan adanya daging, ayam maupun ikan akan menjadi sumber protein besar bagi tubuh ketika sobat kuliner saat dikonsumsi.

6. Telur

Sama halnya ayam dan daging, telur juga perlu dimasukkan ke list daftar belanja bulanan. Hal itu dikarenakan telur dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan mulai dari lauk atau tambahan ketika memasak mie instan. Uniknya lagi telur miliki tingkat keawetan yang cukup lama, apalagi jika disimpan dikulkas sehingga cocok jika tidak langsung diolah.

7. Sayuran

Tidak hanya beberapa daftar di atas, sayuran wajib masuk daftar belanjaan bulanan. Hal itu peran dari sayur bagi tubuh sangat penting guna seimbangkan kebutuhan tubuh. Dalam pembelian sayur ada beberapa cara memilih sayuran yang baik, salah satunya yaitu membelinya setiap hari namun anggaran uang belanja sayuran disediakan satu bulan sekalian.

7. Buah-Buahan

Sama halnya lauk-pauk, buah-buahan juga penting bagi tubuh. Jadi tidak ada salahnya memasukkan buah-buahan ke dalam daftar belanja bulanan. Sobat kuliner dapat belanja buah-buahan sekali dalam satu bulan atau membeli per minggu guna hindari buah busuk karena terlalu lama di simpan.

8. Teh dan Kopi

Daftar belanja bulanan selanjutnya yang wajib ada di dapur rumah adalah teh dan kopi, terutama jika sobat kuliner merupakan pengonsumsi kopi. Selain itu minuman teh dan kopi ini juga dimanfaatkan untuk menjamu tamu ketika datang kerumah, pembelian teh dan kopi dapat dilakukan secukupnya saja.

9. Kue Atau Roti

Sama halnya dengan teh dan kopi, sobat kuliner dan para bunda juga wajib sediakan kue atau roti sebagai temannya. Dengan begitu memasukkan kue maupun roti ke dalam list daftar belanjaan bulanan wajib, sobat kuliner dapat membeli kue kering atau sejenisnya yang dapat tahan cukup lama (beberapa hari).

10. Mie Instan

Daftar belanja bulanan berikutnya ada mie instan, dengan adanya mie instan. Siapa di sini yang tidak suka dengan mie instan, hampir semua sobat kuliner menyukai makanan satu ini. Selain harganya yang murah, mie instan juga kerap menjadi makanan cadangan ketika sedang malas memasak.

11. Saus

Saus dapat masuk ke daftar belanja bulanan berikutnya sebagai pendukung mie instan. Selain itu, sobat kuliner tentu kerap makan gorengan, nah saus ini dapat dimanfaatkan dengan gorengan tersebut. Sobat kuliner dapat membeli saus dalam kemasan botol maupun sachet.

12. Minuman

Tidak hanya kebutuhan pokok di atas, beberapa minuman juga yang wajib masuk daftar belanja bulanan. Kami sudah sebutkan teh dan kopi di atas, sobat kuliner dapat menambahkan susu, soda ataupun jus. Sobat kuliner dapat membeli dalam bentuk kemasan, namun perhatikan kadaluawarsanya.

13. Sabun Cuci Piring

Selain kebutuhan pokok yang dapat dimakan, masih ada banyak kebutuhan lain yang wajib masuk daftar belanja bulanan. Salah satunya adalah sabun cuci piring, setelah masak atau makan tentu saja perlu mencuci bekas yang dipakai. Dengan penggunaan sabun cuci piring akan membuat piring dan wadah lainnya tidak munculkan bau amis.

14.Sabun Cuci Tangan

Sama halnya cuci piring, sabun cuci tangan juga jadi salah satu kebutuhan yang perlu masuk ke dalam list daftar belanja belanjaan. Rajin cuci tangan menggunakan sabun adalah salah satu bentuk pemberian perlindungan terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit menular.

15. Peralatan Mandi

Daftar belanja bulanan berikutnya ada peralatan mandi mulai dari sabun mandi, sabun wajah, sampo, sikat gigi, pasta gigi, pengharum dan masih banyak lainnya. Khusus untuk peralatan mandi sobat kuliner tentu dapat dibeli dalam bentuk kemasan, apalagi saat ini sudah banyak kemasan sabun reffil.

16. Pembersih Lantai

Ya, kesehatan adalah salah satu hal terpenting yang wajib di jaga. Maka dari itu kebersihan lantai khususnya senantiasa harus dijaga, biasanya sobat kuliner akan mengepel lantai. Nah memasukkan pembersih lantai ke daftar belanja bulanan jadi hal yang perlu.

17. Deterjen

Deterjen juga wajib masuk ke daftar belanja bulanan sobat kuliner guna penuhi kebutuhan. Dengan penggunaan deterjen, maka baju yang dicuci menjadi lebih bersih, terdapat banyak deterjen mulai dari deterjen cair atau bubuk. Selain itu hadir dengan berbagai ukuran, jadi sobat kuliner dapat menyesuaikan.

18. Tisu Kering dan Basah

Selain daftar belanjaan di atas, tisu kering dan basah juga dapat dimasukkan ke dalam list belanja bulanan. Ya, peran tisu dalam kehidupan sehari-hari cukup penting baik untuk lap tangan maupun lap benda lain yang ingin dibersihkan. Untuk menghemat, sobat kuliner dapat membeli tisu dengan kemasan besar sekaligus.

18. Kelengkapan Barang Elektronik

Baterai, meskipun dianggap sepele mungkin jadi salah satu kelengkapan barang elektronik yang miliki fungsi cukup penting. Pasalnya ada banyak barang elektronik seperti jam, remote TV, remot AC yang butuhkannya, selain itu sedia baterai jadi salah satu hal baik karena habis baterai tidak dapat diprediksi kapan waktunya.

19. Skincare

Selain itu, sobat kuliner ataupun para bunda tentu memasukkan skincare ke dalam daftar belanja bulanan. Di maksud skincare di sini mulai dari sabun pembersih wajah, bedak, serum dan lainnya. Jadi sobat kuliner dapat alokasikan uang bulanan untuk membeli skincare.

20. Vitamin dan Obat-Obatan

Dari semua kebutuhan di atas, hal yang wajib dan harus ada masuk pada list daftar belanja bulanan adalah vitamin dan obat-obatan. Tujuan pembelian vitamin untuk mengantisipasi dan selalu menjaga kesehatan tubuh. Jadi selalu alokasikan uang bulanan untuk pembelian vitamin dan obat-obatan.

Itulah beberapa daftar belanja bulanan kebutuhan dapur rumah tangga, jadi pastikan kebutuhan yang corecitypark sebutkan di atas wajib ada. Sehingga kebutuhan bulanan akan selalu terpenuhi dengan mencatat barang apa yang nantinya harus dibeli.

Tips Hemat Belanja Bulanan

Tips Hemat Belanja Bulanan
Source : pacificgarden.co.id

Tidak hanya list daftar belanjaan bulanan di atas, di sini kami juga akan jelaskan bagaimana tips hemat belanja bulanan dengan anggaran uang yang tersedia agar lebih hemat. Ada beberapa tips hemat belanja bulanan yang sobat kuliner wajib ketahui, di antara lainnya:

1. Cek Barang

Pertama sobat kuliner wajib cek barang kebutuhan yang sudah habis dan perlu untuk di reffil atau dibeli ulang. Contoh seperti sabun mandi, sampo, pasta gigi, deterjen, sabun cuci piring, hingga kebutuhan pokok seperti beras, bumbu, dan masih banyak lainnya.

Pengecekan memang perlu dilakukan agar nantinya semua kebutuhan dapat terpenuhi, maka dari itu sebelum membeli atau belanja bulanan wajib cek barang apa saja yang sudah habis sehingga dapat dibeli ulang.

2. Buat Daftar Belanjaan

Sudah melakukan pengecekan barang kebutuhan apa saja yang perlu dibeli, agar tidak lupa maka sobat kuliner perlu membuat daftar belanjaan. Dengan catatan daftar belanjaan barang apa saja yang akan dibeli menjadikan minim terjadinya mis.

Selain itu, membuat catatan daftar belanja juga akan mempermudah dan menghemat waktu pada saat belanja di warung ataupun supermarket. Itu dikarenakan sudah ada gambaran apa saja yang harus dibeli sehingga tidak perlu lama mencarinya.

3. Pemilihan Waktu Belanja

Selain dua tips di atas, pemilihan waktu belanja yang tepat juga masuk ke dalam tips hemat belanja bulanan. Apalagi saat ini banyak supermarket yang kerap tawarkan diskon atau promo pada produk yang dijual, tentu saja harga ditawarkan lebih murah dari harga aslinya.

Dalam promo dan diskon belanja yang ditawarkan oleh toko, warung maupun supermarket terkadang memiliki batas waktu ketentuannya. Jadi manfaatkan promo dan diskon tersebut sebaik mungkin sehingga sobat kuliner bisa mendapatkan barang serupa dengan harga terjangkau.

4. Bandingkan Harga

Meskipun adanya promo, sobat kuliner yang ingin belanja kebutuhan dapur rumah wajib membandingkan harga. Dengan perbandingan harga inilah yang nantinya dapat dijadikan tolak ukur budget dimiliki, jika memang menemukan barang serupa dan harganya ada yang lebih miring maka dapat beli langsung.

Selain itu, harga dapat berbeda di setiap toko dikarenakan pengambilan keuntungan dari toko berbeda pula. Maka dari itu membandingkan harga barang di satu toko dengan toko lain menjadi hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan harga paling murah.

5. Gunakan Kupon Belanja

Sama halnya dengan diskon dan promo, banyak toko kelontong ataupun supermarket yang tawarkan kupon belanja. Dengan kupon belanja ini, sobat kuliner dan para bunda bisa dapatkan barang dengan harga lebih murah.

Sobat dapat manfaatkan kupon di waktu yang tepat, seperti saat kebutuhan dirumah habis di akhir bulan dan belum gajian. Sehingga pada saat belanja sobat kuliner tidak keluarkan uang terlalu besar, hal itu dikarenakan adanya potongan dari kupon.

Dapat dikatakan adanya kupon ini sangat bermanfaat sekali bagi sobat kuliner, karena dapat memangkas harga jauh dari harga yang ditawarkan. Dengan begitu sobat kuliner dapat menyisihkan uang sisa belanja bulanan untuk di tabung.

6. Beli Produk Lokal

Selain tips hemat di atas, beli produk lokal menjadi salah satu terbaik dalam berhemat. Hal itu dikarenakan produk lokal akan dijual maupun ditawarkan dengan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan produk impor.

Sebut saja sayur dan buah-buahan, untuk produk lokal akan ada selisih harga cukup lumayan dengan produk impor. Maka dari itu memilih dan membeli barang lokal jadi tips terbaik, selain itu juga membantu melarisi produk para petani lokal.

7. Jangan Ajak Anak

Tips terakhir hemat belanja bulanan adalah jangan membawa anak, ini mungkin dapat dilakukan bagi sobat kuliner di mana sudah memiliki buah hati. Karena diketahui banyak anak-anak kerap meminta beli ini itu yang diluar dari uang anggaran belanja bulanan.

Tentu saja akan memperbesar uang belanja bulanan, maka dari itu belanja dengan tidak mengajak anak menjadi salah tips hemat dapat sobat kuliner terapkan. Mungkin untuk anak usia di atas 10 tahun boleh diajak karena sudah sedikit mengerti keadaan.

Cara Membuat Daftar Belanja Bulanan

Cara Membuat Daftar Belanja Bulanan
Source : mygetplus.id

Selain daftar dan tips hemat belanja bulanan di atas, di sini kami juga akan jelaskan bagaimana cara membuat daftar belanja bulanan. Tujuan pembuatan daftar bulanan yaitu agar barang sudah habis dapat terbeli pada waktu yang tepat, sehingga ketersediaan akan tetap terpenuhi.

Langkah awal pembuatan, sobat kuliner wajib menyiapkan selembar kertas dan bolpoin. Kemudian cek barang kebutuhan apakah masih tersedia atau tidak, jika habis dan tinggal sedikit maka catat maupun masukkan saja ke daftar list belanja.

Selain pada selembar kertas, di era modern ini sudah terdapat smartphone canggih yang dapat dijadikan alat untuk membuat catatan belanja belanjaan. Sobat kuliner dapat membuat catatan list belanja bulanan pada aplikasi notepad di HP.

Sobat kuliner juga dapat memasukkan harganya sekaligus untuk memperkirakan kebutuhan uang harus dikeluarkan. Untuk daftar harga sayur, buah dan bumbu kerap alami perubahan harga bahkan dapat naik turun setiap harinya, jadi usahakan beri anggaran uang belanja dapur lebih besar.

Begitulah cara membuat daftar belanja bulanan, jadi hal utama adalah cek barang apa saja yang sudah habis dan dilanjutkan dengan membuat rincian catatan barang produk perlu dibeli. Setelah itu baru sobat kuliner maupun para bunda dapat mulai belanja bulanan untuk kebutuhan dapur rumah tangga.

Akhir Kata

Melihat dari daftar belanja bulanan kebutuhan dapur ibu rumah tangga di atas, dapat dikatakan ada banyak kebutuhan pokok harus terpenuhi. Maka dari itu mengatur uang belanjaan sehemat mungkin menjadi kunci agar sobat kuliner dapat menyisakan uang untuk di tabung.

Membahas daftar belanja bulanan dapur rumah hampir sama seperti daftar belanja kebutuhan anak kost, yang membedakan biasanya pada urusan paket internet. Itu dikarenakan anak kost membutuhkan paket internet, jika memang kost tidak menyediakan. Jadi paket internet ini wajib dibeli setiap bulannya.

Namun daftar belanja bulanan anak remaja di kost untuk kebutuhan pokok seperti pangan hampir sama, di mana harus memastikan beras dan lauknya ada setiap hari. Selain itu kebutuhan lain seperti deterjen tidak wajib, kebanyakan anak kost remaja biasanya pakaian kotor di laundry.

Mungkin itu saja dapat corecitypark.com sampaikan mengenai list daftar belanja bulanan, tips hemat dan cara membuat daftar belanja bulanan. Diharapkan dengan adanya pembahasan daftar belanja per bulan di atas dapat bermanfaat dan membantu sobat kuliner dan para bunda.

Share:

Related Post