3 Perbedaan Reservasi dan Booking Disertai Contohnya 2024

Fian Dwiki

Istilah Reservasi dan Booking tentu sudah sering kamu dengar, baik itu di Restoran, Hotel, pembelian Tiket dan lain sebagainya. Lalu, tahukah kamu jika kedua istilah tersebut memiliki perbedaan?

Memang kedua istilah memiliki pengertian yang hampir mirip, yaitu transaksi memesan sesuatu terlebih dahulu untuk tanggal yang telah ditentukan. Tapi jika ditelaah lebih jauh, ternyata ada beberapa perbedaan antara Reservasi dan Booking.

Melalui artikel berikut, kami bakal menjelaskan apa saja perbedaan Reservasi dan Booking. Selain itu, kami juga telah menyiapkan beberapa contoh transaksi untuk Booking dan Reservasi.

Disamping itu, untuk transaksi Reservasi maupun Booking biasanya terdapat syarat dan ketentuan dari pihak penyedia layanan. Baiklah, untuk lebih jelasnya silahkan simak perbedaan antara kedua istilah tersebut lengkap dengan contohnya.

Perbedaan Reservasi dan Booking

Perbedaan Reservasi dan Booking

Seperti kami singgung di atas bahwa istilah Reservasi atau Booking mungkin sering terdengar pada transaksi pemesanan meja di Restoran, kamar Hotel, pesan Tiket Pesawat, Kereta Api dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari fungsi atau kegunaan, kedua istilah tersebut mungkin memiliki arti yang sama. Tapi menurut beberapa orang, keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Darimana perbedaan nya? Jadi ada beberapa faktor yang membedakan antara Reservasi dan Booking, informasi selengkapnya akan kami sajikan di bawah ini.

Tapi sebelum itu, kamu perlu tahu bahwa di setiap tempat atau transaksi yang menyediakan salah satu layanan di atas, biasanya mereka akan menerapkan syarat dan ketentuan dalam bentuk:

  • Biaya
  • Minimal transaksi
  • Tanggal pemesanan

Semua syarat dan ketentuan harus dipenuhi terlebih dahulu baru bisa melakukan Reservasi atau Booking. Kemudian untuk perbedaan dari kedua istilah di atas mungkin bisa diketahui dari beberapa faktor berikut:

Baca Juga: Cara Reservasi Mie Gacoan Online Seluruh Cabang 2024

1. Pengertian

Pertama, perbedaan bisa kamu temukan dari pengertian. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Reservasi adalah proses, pembuatan atau cara memesan (tempat, barang, dan sebagainya) kepada orang lain.

Selain itu, Reservasi juga bisa diartikan sebagai transaksi pemesanan sesuatu bersifat private, seperti menginap dan Dinner di Hotel dan pesan tempat makan di Solaria atau Restoran lainnya. Pada transaksi tersebut, pihak Customer akan diminta menentukan jadwal (Hari / Tanggal) kedatangan di kemudian hari.

Sebenarnya Booking juga memiliki pengertian yang hampir mirip, yaitu memesan sesuatu untuk dipakai di kemudian hari, hanya sifatnya lebih umum, seperti Tiket Kereta, Pesawat, Tiket Konser dan sejenisnya.

2. Biaya

Lanjut, perbedaan dari keduanya juga bisa dilihat dari ketentuan biaya. Bagi kamu yang mungkin sering melakukan Reservasi atau Booking pastinya pernah dimintai biaya di muka.

Tapi, penerapan biaya pada kedua transaksi ini ada sedikit perbedaan. Untuk Reservasi, biasanya nominal biaya yang dibebankan bisa disesuaikan dengan perjanjian antara pihak penyedia layanan dan Customer.

Kemudian jika customer sudah menggunakan layanan yang telah dipesan, maka pihak penyedia akan mengembalikan biaya sebelumnya. Atau jika tidak, biaya di awal akan dipakai untuk memotong biaya pembayaran penuh setelah customer menerima layanan.

Lalu bagaimana dengan Booking? Nah, untuk perbedaan biaya Booking dengan Reservasi adalah pihak penyedia layanan biasanya sudah mematok nominal. Contoh, untuk Booking Tiket Pesawat Jakarta -> Bangka Belitung dengan harga Rp. 1.000.000, kamu diwajibkan membayar biaya Booking 30% dari harga Tiket.

Nanti sisanya dibayarkan ketika Check In di Bandara dengan menunjukan kode Booking. Nah, perbedaan dari Reservasi, biaya Booking yang sudah dibayarkan nantinya bisa dikembalikan apabila kamu tidak jadi berangkat atau tidak jadi menggunakan layanan.

3. Layanan

Kemudian seperti sudah kami sebutkan di atas bahwa kedua transaksi ini berlaku untuk layanan yang berbeda. Istilah Reservasi biasanya digunakan untuk memesan layanan Hotel, Fine Dining, Buka Bersama di Restoran dan sejenisnya.

Sedangkan Booking umumnya dipakai untuk memesan layanan bersifat umum, seperti Tiket Transportasi Umum, Tiket Hiburan (Bioskop, Konser, Acara) dan layanan serupa lainnya.

Contoh Reservasi dan Booking

Sampai disini apakah kamu sudah cukup paham perbedaan Reservasi dan Booking? Jika belum, berikut kami bakal membagikan contoh transaksi untuk Reservasi:

Reservasi

Nadia ingin mengadakan acara Buka Bersama dengan 30 Anak Yatim di Restoran Taman Anggrek. Nadia melakukan Reservasi untuk tanggal 10 April dengan petugas Kasir di Restoran tersebut.

Selanjutnya Nadia diminta untuk memilih menu serta memilih tempat untuk acara tersebut. Kemudian, Nadia diminta membayar biaya Reservasi sebesar Rp. 150.000 (sesuai kesepakatan) dengan total pesanan sebesar Rp. 1.000.000.

Setelah itu, petugas Kasir akan memberikan bukti Reservasi dalam bentuk Struk maupun Digital yang dikirim melalui Email / WhatsApp. Nantinya bukti Reservasi wajib dibawa pada hari-H sebelum acara berlangsung untuk keperluan konfirmasi.

Jika sudah, Nadia perlu melakukan pelunasan sebesar Rp. 850.000. Setelah itu baru hidangan akan disajikan di meja yang dipesan dan acara bisa dimulai.

Apabila pada hari H Nadia tidak datang, maka uang Rp. 150.000 yang digunakan sebagai biaya Reservasi tidak bisa diambil lagi. Bahkan di beberapa Restoran menerapkan denda pembatalan pada customer.

Booking

Pak Edi hendak menonton Konser Avanged Sevenfold yang akan digelar di Gelora Bung Karno pada bulan Oktober. Lalu di bulan Maret pak Edi ingin booking Tiket Konser tersebut sebelum kehabisan.

Proses Booking nantinya dilakukan dengan pihak promotor atau EO (Event Organizer). Harga Tiket ini dibanderol dengan harga Rp. 3.000.000.

Kemudian buat Booking, pak Edi akan dikenai biaya 50% dari harga Tiket, yaitu Rp. 1.500.000. Disini pihak penyedia menerapkan ketentuan berupa konfirmasi dan pelunasan paling lambat H-7 sebelum Konser berlangsung.

Apabila pelunasan tidak dilakukan pada tanggal jatuh tempo, maka biaya Booking atau Booking Fee akan dikembalikan setelah dipotong beberapa persen sebagai Denda.

Baca Juga: Cara Reservasi di Pizza Hut Terdekat Secara Online

Kesimpulan

Kurang lebih seperti itulah perbedaan Reservasi dan Booking yang perlu kamu tahu. Pada dasarnya, kedua istilah di atas memiliki pengertian sama, yaitu memesan sesuatu lebih awal untuk acara atau keperluan mendatang.

Hanya saja penerapan Reservasi serta Booking memiliki sedikit perbedaan, semuanya sudah kami jelaskan di atas. Satu lagi, sebelum melakukan Reservasi maupun Booking, pastikan kamu sudah mengetahui apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku, termasuk biaya, jenis layanan dan lain sebagainya.

Photo of author

Fian Dwiki

Seorang pakar kuliner yang memiliki pengetahuan luas tentang restoran, resep, dan tutorial kuliner. Website corecitypark.com menjadi salah satu media online yang saya gunakan untuk berbagi pengalaman di bidang kuliner.

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar