Perbedaan KFC dan McD 2024, Harga, Menu, Pemasaran

Fian Dwiki

KFC dan McD merupakan dua Restoran cepat saji yang ada di Indonesia. Keduanya sudah lebih dari 30 tahun beroperasi di Indonesia, tapi kenapa masih ada orang yang belum tahu perbedaan KFC dan McD?

Tentu saja bukan tanpa alasan, kedua tempat makan ini memiliki banyak varian menu yang sangat mirip, seperti Fried Chicken, minuman Float dan lain sebagainya. Meski begitu, pilihan menu yang tersedia juga bisa menjadi faktor untuk mencari perbedaan diantara keduanya.

Menu McD dan menu KFC tentu saja berbeda meskipun keduanya sama-sama dikenal sebagai Restoran penyedia menu Ayam Goreng Crispy. Kemudian dari segi harga, kira-kira lebih murah mana, KFC atau McD?

Berikut ini telah kami siapkan daftar perbedaan KFC dan McD dari segi menu, harga, pelayanan hingga strategi pemasaran dari keduanya. Bagi kamu yang penasaran dengan perbedaan kedua Restoran tersebut, silahkan cari tahu informasi nya di bawah ini.

Perbedaan KFC dan McD

Perbedaan KFC dan McD

Seperti kami sebutkan di atas bahwa KFC dan McDonald’s adalah Restoran Cepat Saji yang sangat populer di Indonesia. Mungkin banyak dari kamu yang sering pesan menu di kedua Restoran tersebut di jam makan siang atau acara bareng keluarga.

Sebenarnya dari Maskot atau Logo Restoran, keduanya sudah jelas sangat berbeda. Tapi kenapa masih saja ada orang bertanya perbedaan dari kedua tempat makan tersebut.

Baik KFC maupun McD, keduanya juga merupakan Restoran yang berasal dari Amerika Serikat dengan konsep hingga menu masakan yang juga hampir mirip. Selain itu, mereka juga sudah membuka cabang di banyak kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Semarang dan banyak lagi lainnya.

Tapi jika memang banyak orang penasaran perbedaan KFC dan McD, berikut telah kami siapkan informasi perbedaan menu, strategi marketing, harga dan lain sebagainya dari Restoran Cepat Saji tersebut:

1. Tahun Berdiri

Perbedaan pertama bisa kamu lihat dari tahun berdiri kedua Restoran tersebut. Memangnya, KFC dan McD duluan mana ada di Indonesia? KFC secara resmi membuka cabang pertama di Jakarta pada tahun 1979. Sedangkan McD baru membuka gerai pertama di Indonesia 11 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1991.

2. Owner / Pemilik

Kemudian kamu juga bisa menemukan perbedaan KFC dan McD dari nama pemiliknya. Untuk Restoran KFC saat ini dimiliki oleh Ricardo Gelael. Beliau merupakan Putar dari pendiri KFC di Indonesia yaitu Dick Gelael.

Kemudian untuk pemilik Restoran McD adalah PT Rekso Nasional Food. Perusahaan ini menaungi semua cabang McD di seluruh Indonesia. Kamu bisa menghubungi Agen atau tim khusus dari PT Rekso Nasional Food jika ingin membuka Franchise McD.

3. Menu

Perbedaan KFC dan McD lainnya ada di pilihan menu. Seperti kami sebutkan di atas, meskipun sama-sama memiliki menu Ayam Goreng Crispy, mereka memiliki pilihan menu lain yang menjadi ciri khas masing-masing.

Pada Di McD ada pilihan menu paket PaNas, paket HeBat, PaMer, Fanta McFloat, Coca-Cola McFloat dan lain sebagainya. Sedangkan KFC, mereka punya menu-menu khusus seperti paket Super Duk-Duk, Winger Bucket Special, Snack Bucket Roasted Corn 2, paket Combo Super Family dan masih banyak yang lainnya.

4. Harga

Nah, mungkin sebelumnya kamu sering penasaran, lebih mahal KFC atau McD ya? McD dan KFC murah mana ya? Dari segi harga menu, antara KFC dan McD jelas memiliki perbedaan.

Jika dilihat dari keseluruhan menu, KFC dan McDonald’s sama-sama memiliki menu dengan harga mahal sampai yang murah. Jadi, ada beberapa menu McD yang lebih murah dari KFC, begitu juga sebaliknya.

Meski begitu, berdasarkan ulasan pengunjung sekaligus riset khusus, kami bisa menyimpulkan kalau harga menu-menu di KFC lebih murah dibandingkan harga menu McD, terutama untuk menu satuan dan menu minuman.

Baca Juga: McDonald’s Bisa Bayar Pakai Apa Saja? Lihat Dibawah ini!

5. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang digunakan oleh kedua Restoran ini juga berbeda. Misal, untuk KFC mereka biasanya menyediakan bonus berupa CD Musik atau souvenir setiap pembelian menu paket tertentu. Sementara itu untuk McD, strategi pemasaran yang digunakan biasanya dalam bentuk paket combo, promo harga dan sejenisnya.

6. Tempat dan Fasilitas

Untuk menemukan perbedaan KFC dan McDonald’s, kamu bisa melihat nya dari tempatnya. Jadi, di setiap cabang KFC maupun McD, masing-masing memiliki fasilitas untuk pengunjung, mulai dari tempat cuci tangan, Mushola, tempat makan Indoor / Outdoor, Wifi dan lain sebagainya.

Tempat makan dan fasilitas yang ditawarkan oleh McD masih lebih unggul dibandingkan KFC. Apalagi cabang McD di Kota-kota besar, mereka bahkan sudah menyediakan tempat khusus untuk pengunjung yang sudah memesan paket Ulang Tahun McD.

7. Seragam Karyawan

Membedakan KFC dan McDonald’s juga bisa dilihat dari seragam para Karyawan nya. Jika kamu sedang berada di kawasan Mall atau tempat dimana banyak gerai Restoran Fast Food, kamu bisa memperhatikan Seragam para karyawan nya, dengan begitu kamu bisa mengetahui mana Restoran McD dan mana KFC.

8. Jam Operasional

Lanjut, jam operasional dari kedua Restoran ini juga memiliki perbedaan. Rata-rata KFC menerapkan jam operasional setiap hari mulai pukul 11.00 – 22.00. Sedangkan McD beberapa menerapkan jam buka 24 Hours alias 24 jam. Biasanya gerai McD yang buka selama 24 jam berada di kawasan Rest Area Toll.

9. Slogan

Slogan yang dimiliki KFC dan McDonald’s juga memiliki perbedaan. Untuk KFC, mereka menerapkan slogan “KFC Jagonya Ayam”. Sedangkan slogan yang dimiliki oleh McDonald’s adalah “Im Lovin it”.

10. Kualitas Pelayanan

Bagaimana dengan kualitas pelayanan? Tanpa bermaksud apapun pada pihak McD, perlu kami informasikan bahwa kualitas pelayanan Restoran KFC lebih unggul daripada kualitas pelayanan di McD.

11. Skor Brand Index Fase

Jika mencari perbedaan dari kedua Restoran Cepat Saji ini, kamu bisa menemukannya dari Skor Brand Index Fase nya. Jadi, dilansir dari beberapa sumber, Restoran KFC mempunyai skor lebih tinggi, yaitu 27.20%, sedangkan McD hanya 26.00%.

Perbedaan skor ini juga bisa menjadi penentu terkait popularitas dari kedua Restoran tersebut. Tapi semue tetap kembali ke selera masing-masing, jika cocok dengan menu-menu di McD, maka kamu bisa pesaN menu via Online maupun Offline.

12. Kelebihan dan Kekurangan

Terakhir, perbedaan dari kedua tempat makan diatas bisa dilihat dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan KFC dan McDonald’s yang berhasil kami rangkum:

McD

KelebihanKekurangan
Banyak pilihan menuBaru tersedia di Kota-kota besar
Pelayanan ramahHarga lebih mahal dibandingkan Restoran Fast Food lainnya
Tersedia banyak pilihan metode pembayaranBiaya Franchise cukup mahal
Fasilitas lengkap
Banyak Promo
Buka 24 jam

KFC

KelebihanKekurangan
Banyak pilihan menuTidak buka 24 jam
Pelayanan ramahBelum tersedia fasilitas Drive Thru di semua cabang
Mendukung banyak metode pembayaranBiaya Franchise cukup mahal
Fasilitas lengkap
Harga murah
Tersedia cabang di seluruh Indonesia

Baca Juga: Cara Bayar KFC Pakai Akulaku PayLater (e Voucher) 2024

Kesimpulan

Dari informasi perbandingan KFC dan McD di atas terkait harga menu, fasilitas, sejarah hingga perolehan skor Brand Index Fase, sekarang kamu bisa menyimpulkan sendiri, mana Restoran yang lebuh murah, mana yang memiliki pelayanan terbaik dan lain sebagainya.

Informasi di atas kami sajikan bukan untuk menjatuhkan salah satu pihak. Disini Tim Corecitypark.com hanya membantu menjawab pertanyaan banyak orang tentang perbedaan KFC dan McD, karena memang yang menanyakan hal tersebut.

Photo of author

Fian Dwiki

Seorang pakar kuliner yang memiliki pengetahuan luas tentang restoran, resep, dan tutorial kuliner. Website corecitypark.com menjadi salah satu media online yang saya gunakan untuk berbagi pengalaman di bidang kuliner.

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar