Beda Ayam Crispy dan Original KFC, Jangan Keliru!

Firman Herdiansah

Apa beda ayam Crispy (HCC) dan Original (OR) KFC? Meskipun aneka jenis ayam goreng di KFC memiliki rasa enak, masih ada sebagian pelanggan yang masih bingung membedakan 2 jenis ayam goreng yang tawarkan KFC .

Banyak pelanggan KFC masih merasa bingung mengenai perbedaan ayam Crispy dan ayam Original. Sehingga saat pemesanan kerap keliru dan tidak sesuai harapan.

Membahas perbedaan ayam crispy dan original KFC, corecitypark.com akan jelaskan lengkap beda 2 jenis ayam goreng yang ditawarkan oleh restoran Kentucky Fried Chicken tersebut.

Maka dari itu untuk mengetahui perbedaan-perbedaan yang dimiliki, silahkan ikuti pembahasan ini sampai akhir agar mengetahui secara jelas perbedaan ayam goreng KFC satu sama lainnya.

Jenis Ayam Crispy (HCC)

Sebelum ke pembahasan beda ayam crispy dan original KFC, di sini sobat kuliner perlu mengetahui dahulu 2 jenis varian ayam goreng yang ditawarkan oleh KFC.

Ayam crispy adalah varian ayam goreng kekinian dan memberikan sensasi gurih serta renyah pada setiap gigitan. Ayam crispy KFC dipanir dengan bumbu khusus dan digoreng dengan minyak panas.

Jenis Ayam Original KFC (OR)

Sedangkan untuk ayam original KFC yakni ayam goreng dengan kulit gurih tanpa panir. Pada proses penggorengan ayam original KFC juga memiliki teknik pengolahan khusus sehingga hasil sesuai harapan.

Kulit ayam gurih lezat dan berwarna kecoklatan menjadi ciri khas dari ayam goreng original KFC. Bagi sobat kuliner yang sudah pernah memesannya tentu sudah tidak asing dengan tampilannya.

Beda Ayam Crispy dan Original KFC

Beda Ayam Crispy dan Original KFC
Source: sitnas.id

Setelah berhasil mengetahui ayam crispy dan original KFC di atas, selanjutnya mari ke pembahasan beda / perbedaan dari kedua jenis ayam goreng yang ditawarkan oleh KFC. Berikut beberapa perbedaannya:

1. Bumbu

Ya, bumbu adalah salah satu perbedaan utama dari dua jenis ayam KFC (ayam crispy dan original KFC). Penggunaan bumbu-bumbu kedua ayam goreng KFC tersebut ada sedikit perbedaan bumbu rahasia.

Seperti diketahui sendiri jika ayam original KFC memiliki resep rahasia, yang terdiri dari 11 bumbu dan rempah pilihan. Hingga saat ini hanya orang tertentu saja yang mengetahui bumbu rahasia tersebut.

Sedangkan untuk ayam goreng crispy menggunakan campuran bumbu berbeda dari ayam goreng original. Ya sama dengan bumbu ayam goreng original, bumbu ini sangat dirahasiakan oleh KFC.

2. Teknik Pengolahan / Proses Memasak

Beda ayam crispy dan original KFC berikutnya terletak pada teknik pengolahan atau proses memasaknya. Dari kedua jenis ayam goreng yang ditawarkan oleh KFC ada perbedaan teknik pengolahannya.

Ayam goreng original KFC di asak dengan menggunakan pressure frying di mana ayam digoreng pada minyak dengan bertekanan tinggi. Sehingga menghasilkan ayam matang secara merata.

Sedangkan untuk teknik memasak ayam crispy KFC digoreng menggunakan metode konvensional seperti pada umumnya. Ayam digoreng pada minyak panas tanpa tekanan, sehingga menghasilkan ayam goreng renyah meski tidak selembut ayam original.

3. Rasa

Dari dua perbedaan di atas yaitu bumbu dan teknik pengolahan, tentu saja akan berdampak pada rasa yang berbeda satu sama lain dari dua jenis ayam goreng yang ditawarkan oleh KFC.

Ayam original KFC memiliki rasa akan rempah berkat bumbu rahasia yang dirahasiakan. Proses memasak dengan metode pressure frying menjadikan bumbu lebih meresap ke dalam daging ayam.

Sedangkan ayam crispy KFC lebih memiliki rasa gurih dan renyah, dengan paduan bumbu berbeda. Rasa daging ayam tidak seperti ayam original, namun tepung di bagian luarlah yang menjadikan tetap gurih.

4. Tekstur

Beda ayam crispy dan original KFC terakhir yang jelas membedakan adalah dari segi tekstur. Ya, dari bumbu dan teknik pengolahan kedua jenis ayam goreng KFC tersebut jelas membedakan dari segi tekstur.

Ayam crispy KFC memiliki tekstur yang dilapisi dengan adonan tepung lebih tebal, membuat hasilkan bagian luar jauh lebih renyah dan garing. Tekstur inilah yang menjadikan ayam crispy KFC banyak disukai.

Lalu untuk ayam original KFC memiliki tekstur yang dilapisi tepung lebih tipis. Hal itu menjadikan bagian luar ayam memiliki tekstur lebih lembut dan tidak terlalu renyah dan bagian tepung juga melekat pada kulit ayam dengan sangat baik.

Secara umum itulah beda ayam crispy dan ayam original KFC, dapat disimpulkan jika pembeda terdiri dari banyak hal mulai dari bumbu, tekstur, teknik pengolahan dan yang jelas datang dari rasa.

Dua jenis ayam tersebut juga dihadirkan dengan berbagai pilihan varian menu paket yang berbeda satu sama lain. Misalnya paket Signature Box kalian akan mendapatkan ayam goreng hot and crispy chicken, cream soup, nasi dan mocha float.

Jika ingin membeli atau memesan paket menu KFC sobat kuliner perlu memahami menu ayam goreng yang disajikan dalam paket tersebut. Konfirmasi juga kepada petugas jika sobat kuliner kurang jelas atas pesannya.

Tabel Beda Ayam Crispy dan Original KFC

Jika sobat kuliner ingin lebih jelas mengenai dua perbedaan chicken or dan crispy chicken KFC. Di sini kami akan jelaskan beda ayam crispy dan ayam original Kentucky Fried Chicken dalam bentuk tabel.

KeteranganAyam Crispy (HCC)Original KFC (OR)
BumbuBumbu khususBumbu klasik
Teknik pengolahanKonvensionalPressure frying
TeksturRenyah, garing, gurihLembut dan tidak terlalu renyah
AromaGugah seleraMeresap dan gugah selera
RasaGurih dan renyahGurih dan renyah, rasa beda
Kulit ayamRenyah dan gurihGurih dan warna kecoklatan
Varian menuCukup beragamAda variasi menu
KetersediaanReady di gerai KFCReady di gerai KFC

Akhir Kata

Itulah beda ayam crispy dan ayam original KFC yang dapat corecitypark.com sampaikan. Kesimpulannya perbedaan sangat jelas mulai dari bumbu, rasa, tekstur dan teknik pengolahannya.

Dari adanya perbedaan dua jenis ayam goreng KFC di atas diharapkan kalian bisa dengan mudah mengenalinya. Sehingga jangan sampai salah pilih ketika memesan ayam goreng di KFC.

Pemilihan kembali lagi para selera pelanggan apakah ingin menikmati ayam goreng yang crispy atau original. Sesuaikan juga dengan selera dan keinginan sobat kuliner.

Share:

Related Post