Bagian Ayam KFC dan Favorit yang Banyak Dagingnya

Firman Herdiansah

Pemesanan makanan di KFC pastinya sobat kuliner memiliki bagian ayam yang menjadi favorit. Lantas ada apa saja potongan bagian ayam yang dijual di KFC? Penasaran, yuk kenali bagian ayam KFC lengkap dalam bahasa Inggris berikut ini.

KFC atau Kentucky Fried Chicken adalah jaringan restoran cepat saji asal Amerika yang sudah melebarkan sayapnya dengan membuka cabang di berbagai negara termasuk di Indonesia. Bahkan di tanah air sudah miliki lebih dari 730 gerai.

Untuk sajian menu yang ditawarkan di KFC sebagian besar adalah olahan ayam dari beberapa bagian potongan ayam. Setiap bagian ayam KFC miliki khas dan memiliki keunikan tersendiri, tidak heran jika banyak orang menyukai dari setiap ptotongannya.

Penasaran dan bertanya ada apa saja bagian ayam KFC? Maka dari itu, jika sobat kuliner dan para bunda membuka artikel ini maka jadi pilihan yang tepat. Corecitypark.com sudah rangkum pilihan bagian ayam KFC secara lengkap, jadi silakan simak berikut ini.

Pilihan Bagian Ayam KFC

Untuk pilihan bagian ayam KFC sendiri dalam satu ayam utuh akan dibagi menjadi beberapa bagian saja. Umumnya dalam satu ayam utuh akan dipotong menjadi 9 bagian, apa saja bagian-bagian tersebut? Silakan simak di bawah ini:

1. Sayap (Wings)

Sayap Wings
Source: liputan6.com

Untuk bagian ayam KFC pertama ada sayap atau dalam bahasa inggris, wings. Pada bagian ayam ini dapat dikatakan tidak banyak mengandung daging, namun banyak orang menyukai bagian satu ini karena berbagai alasan.

Seperti misalnya ada sensasi atau tantangan tersendiri pada saat memakannya, karena terdapat tulang-tulang yang menjadi perlawanan. Berbeda dengan bagian lain seperti dada dan dada mentok di mana kebanyakan hanya dagingnya.

Bahkan pihak KFC menawarkan paket khusus untuk bagian sayap dengan nama paket wings bucket. Dalam satu paket bucket nantinya berisi 14 bagian yaitu 7 drumette dan 7 wingette. Sedangkan menu wing buckket original berisi 7 ayam dan 7 sayap.

2. Dada (Rib)

Dada Rib
Source: food.detik.com

Bagian ayam KFC selanjutnya yang dijual dan ditawarkan yaitu ada dada atau dalam bahasa Inggris disebut thigh. Jika sobat kuliner sudah pernah membeli atau memesan olahan ayam di KFC, pasti sudah tidak asing dengan apa itu thigh.

Thigh menjadi salah satu bagian ayam yang menunjukkan untuk potongan dada. Bagian ayam pada potongan dada ini memiliki daging yang lebih tebal, padat dan kandungan lemak sangat rendah.

Bahkan tidak hanya lemak dan daging yang tebal, bagian ini juga mengandung selenium, vitamin B3, dan B2. Maka tidak heran jika bagian ayam ini menjadi yang paling favorit dari banyaknya potongan bagian ayam lainnya.

3. Dada Mentok (Keel)

Dada Mentok Keel
Source: cnbcindonesia.com

Bagian ayam KFC berikutnya ada bagian dada mentok atau dalam bahasa Inggris disebut keel. Keel artinya potongan ayam mulai daro bagian dada ayam yang bersambung dengan bagian sayap.

Bagian ini cocok untuk sobat kuliner yang menyukai daging yang padat dan tebal. Selain itu, pesan ayam KCD bagian keel nantinya akan akan rasakan sensasi makan daging ayam tanpa adanya tulang-tulang terbawa.

Sebenarnya ada tulangnya, namun bagian keel ini hanya terdapat tulang muda sehingga bisa dikonsumsi bareng dengan dagingnya. Bagian keel juga menjadi salah satu bagian favorit bagi banyak orang.

4. Paha Atas (Thigh)

Bagian Ayam KFC Paha Atas Thigh
Source: cookgem.com

Selanjutnya bagian ayam yang dijual atau ditawarkan pada restoran KFC ada paha atas atau dalam bahasa Inggris bernama thigh. Bagian ini juga menjadi satu dari sekian banyak bagian ayam terfavorit.

Alasan banyak pelanggan KFC pilih bagian ini yakni karena dagingnya lembut, kulit gurih dan crunchie saat dinikmati. Umumnya bagian ayam ini disajikan dengan nasi atau kentang sebagai karbohidratnya.

Paha atas thigh merupakan jenis potongan ayam yang berada tepat di atas pentungan dari bagian paha. Bagian ayam ini berbeda dengan bagian paha ayam bawah atau dikenal sebagai drumstick.

5. Paha Bawah (Drumstick)

Paha Bawah Drumstick
Source: youtube.com

Jika ada paha atas, tentu saja ada bagian paha bagian bawah. Bagian ayam KFC paha bawah biasa disebut dalam bahasa Inggris dengan nama drumstick yang memiliki bentuk seperti pentungan.

Mungkin dari sekian bagian ayam yang ditawarkan restoran KFC, drumstick menjadi salah satu bagian di mana disukai oleh anak-anak karena bentuknya yang mudah untuk dipegang.

Dalam bagian ini jumlah kalori ayam KFC terbagi untuk beberapa menu yakni original dan crispy. Nutrisi paha bawah ayam original KFC dalam penyajian: 71 g, kalori: 178 kcal, protein: 15,4 g, lemak: 9,8 g, karbohidrat: 7 g.

Sedangkan nutrisi paha bawah ayam crispy KFC dalam penyajian: 86 g, kalori: 212 kcal, protein: 17 g, lemak: 13 g, karbohidrat: 8 g dan sodium: 312 mg.

Sobat kuliner, bunda maupun kamu tim paha atau tim dada? Jadi tunggu apa lagi yuk pesan menu KFC dengan memilih bagian-bagian ayam yang menjadi favorit.

Secara umum, itulah beberapa bagian ayam yang terdapat di restoran KFC. Dalam satu ayam utuh, nantinya terbagi menjadi 9 bagian yakni 2 wings, 2 rib, 2 thigh, 2 drumstick dan 1 keel.

Bagian Ayam KFC yang Banyak Dagingnya

Bagian Ayam KFC yang Banyak Dagingnya
Source: gizi.fk.undip.ac.id

Selain kemi sebutkan bagian ayam KFC di atas, di sini kami juga akan jelaskan bagian ayam yang banyak dagingnya dan kulitnya. Mungkin bagi sebagian orang menyukai daging atau kulit.

Sehingga pada saat pembelian olahan ayam termasuk pembelian ayam goreng di KFC memilih bagian-bagian yang masuk kategori banyak daging atau banyak kulitnya.

Jika sobat kuliner merupakan penggemar olahan ayam dan ingin membeli bagian ayam yang banyak dagingnya maka pilihan dada mentok atau keel menjadi pilihan yang tepat.

Sedangkan untuk para pecinta kulit ayam, pembelian maupun pemesanan bagian wings bisa menjadi alternatif. Hal itu dikarenakan sayap atau wings miliki banyak kulit.

Bagian Ayam dan Contoh Olahannya

Bagian Ayam dan Contoh Olahannya
Source: orami.co.id

Tidak hanya bagian ayam KFC dan bagian yang banyak dagingnya di atas, di sini kami juga akan jelaskan bagian-bagian ayam secara umum dan beberapa contoh olahannya.

1. Ayam Utuh

Pertama ada ayam utuh. Ya ayam utuh cocok untuk beberapa olahan yang sifatnya ramai-ramai bareng teman dan keluarga. Sedangkan contoh olahan makanan dengan ayam utuh di antara lain seperti ayam bakar dan ayam goreng.

2. Kepala dan Leher

Selanjutnya bagian ayam lainnya ada bagian kepala dan leher. Sebenarnya kedua bagian ini dipotong terpisah, akan tetapi ada juga yang menjadikan satu ketika proses pemotongannya. Contoh olahan kepala dan leher biasanya digoreng kering atau sebagai campuran sop.

3. Dada Mentok

Bagian atau potongan ayam selanjutnya ada dada mentok atau biasa disebut dengan keel. Selain itu, bagian ini menjadi salah satu bagian yang banyak disukai karena banyak dagingnya. Tidak heran jika banyak orang memesan bagian ini pada saat memesan olahan makanan berbahan ayam.

4. Dada Fillet

Selain dada mentok, ada juga bagian potongan dada fillet. Dapat dikatakan bagian ini hampir sama seperti dada mentok, hanya saja pada bagian ini tidak memiliki daging dan kulit. Potongan bagian dada fillet mengandung protein dan minim dari kulitnya. Olahan bagian ini kerap dimanfaatkan jadi menu diet.

5. Paha Atas

Lalu ada bagian ayam paha atas atau sering disebut dengan nama rib. Bagian daging ayam ini miliki bentuk lebar dan diambil bagian atas kakinya saja dan tergolong bagian yang sedikit dagingnya. Paha atas kerap diolah menjadi ayam goreng, kentucky maupun ayam panggang.

6. Paha Bawah

Kemudian ada bagian ayam yang menjadi favorit bagi anak-anak yakni bagian paha bawah alias drumstick. Potongan paha bawah menjadi salah satu bagian di mana paling mudah dikenali karena bentuknya. Untuk contoh olahan berbahan ayam dari potongan paha bawah antara lain ayam goreng dan kentucky.

7. Paha

Bagian ayam lainnya ada paha utuh yakni antara paha atas dan paha bawah tidak dipotong. Mungkin ini jadi salah satu bagian atau potongan ayam di mana menjadi bagian terbaik ketika diolah jadi ayam bakar, ayam goreng dan kentucky karena banyak dagingnya. Tidak heran jika orang memilih bagian ini saat membelinya.

8. Sayap

Sayap atau wings menjadi bagian selanjutnya yang ada pada bagian potongan ayam. Memang bagian sayap tidak banyak mengandung daging layaknya dada mentok, namun siapa sangka bagian ini menjadi favorit bagi sebagian orang. Bagian sayap kerap diolah menjadi banyak olahan dari aneka bumbu.

9. Pangkal Sayap

Jika di atas adalah bagian sayap utuh, bagian tersebut kerap dibagi menjadi dua. Bagian pangkal sayap juga menjadi idaman bagi sebagai pecinta olahan ayam. Pangkal sayap merupakan potongan sayap ayam dari siku hingga bahu saja. Untuk contoh olahan berbahan potongan pangkal sayap adalah ayam goreng, panggang, sup hingga campuran pada soto.

10. Ayam Belah Dua

Bagian ayam selanjutnya ada ayam belah dua. Dalam hal ini tentu saja ukuran dari potongan ini akan sangat besar, karena memiliki bagian dari dada hingga punggung ayam. Dan secara umumnya ayam belah dua kerap diolah menjadi hidangan ayam panggang.

11. Ceker

Ceker atau feet menjadi bagian potongan ayam selanjutnya yang banyak disukai oleh sebagian pecinta olahan ayam. Ceker sendiri menjadi bagian paling bawah pada ayam dengan kandungan lemak rendah. Ceker ayam biasanya diolah menjadi berbagai makanan seperti digoreng hingga dicampurkan ke berbagai makanan kuah (sup, soto, mi ayam dan lainnya).

12. Kulit

Kulit ayam memiliki tempat tersendiri bagi sebagian orang, rasa khas dan tekstur kenyal mungkin jadi daya tarik tersendiri. Umumnya kulit ayam diolah dengan cara digoreng dengan bumbu khusus sehingga miliki rasa unik dan khas.

13. Usus

Lalu lanjut ke bagian ayam dibagian dalam yaitu usus. Siapa sangka bagian dalam ayam tidak menjadi favorit bagi sobat kuliner atau penggemar olahan berbahan dasar usus ayam. Umumnya usus diolah menjadi sate, tidak heran jika akan dengan mudah jumpai sate usus di angkringan-angkringan pinggir jalan.

14. Jeroan

Tidak hanya usus, bagian ayam selanjutnya masih dari bagian dalam yakni lebih tepatnya jeroan. Jeroan dimaksud yakni hati dan ampela ayam, bagi sebagian orang mungkin jeroan menjadi favorit karena miliki rasa yang khas. Sama halnya dengan usus, jeroan kerap disajikan di angkringan dalam bentuk sate. Bahkan ada juga yang memasaknya dengan cabai hijau.

Video Cara Potong Ayam Utuh

Selain bagian potongan ayam KFC ada apa saja di atas, jika sobat kuliner atau para bunda ingin membuat olahan aneka ayam seperti ayam goreng, bakar dan lainnya. Maka perlu perhatikan potongan dari ayam utuhnya. Berikut ada beberapa video potongan ayam utuh ala KFC.

1. Cara Potong Ayam KFC 9 Potong

2. Cara Potong Ayam Fried Chicken Ala KFC

3. Cara Memotong Ayam Untuk KFC Ide Usaha

Akhir Kata

Demikian kiranya pembahasan dapat kami sampaikan mengenai pilihan bagian ayam di KFC lengkap juga dalam bahasa Inggris. Selain itu kami juga sampaikan bagian-bagian ayam secara umum dan contoh olahannya.

Diharapkan adanya pembahasan bagian ayam di atas dapat bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama bagi sobat kuliner dan para bunda yang belum mengetahui pilihan bagian ayam di KFC ketika ingin membelinya.

Share:

Related Post