18 Cara Memilih Sayuran yang Baik, Segar dan Sehat

Firman Herdiansah

Memilih sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah salah satu kunci agar tubuh tetap terjaga sehat dan bugar. Maka dari itu corecitypark.com akan berikan tips bagaimana cara memilih sayuran yang baik, sehat dan segar. Yuk simak cara memilih sayuran di bawah ini!.

Dengan pemilihan sayuran yang baik tidak hanya memberikan dampak pada hasil akhir dari sayuran yang dimasak, melainkan akan membuat kandungan vitamin dan mineral yang ada pada sayuran dapat memenuhi setiap kebutuhan pada tubuh.

Perlu diketahui bahwa manfaat sayuran bagi tubuh sangatlah banyak mulai dari memperlancar buang air besar, cegah dan kurangi stres, cegah penyakit jantung, kanker hingga penangkal berbagai racun. Selain itu, sayuran juga dapat mencegah kelahiran bayi cacat.

Jadi penting sekali para sobat kuliner maupun para bunda mengetahui tips cara memilih sayuran yang baik guna mendapatkan manfaat sayur benar-benar dirasakan. Tidak berlama-lama, berikut adalah cara memilih sayuran yang baik, sehat dan segar.

Cara Memilih Sayuran yang Baik

Cara Memilih Sayuran yang Baik
Source: popmama.com

Terdapat beberapa cara memilih sayuran hijau segar yang baik dan sehat. Untuk sobat kuliner yang belum mengetahui cara memilih sayur yang bagus seperti apa, di sini corecitypark sudah rangkum beberapa cara memilihnya, mari simak tips memilih sayuran berikut ini.

1. Perhatikan Asal Usul Sayuran

Untuk cara memilih sayuran yang baik pertama yaitu dengan memperhatikan asal usul dari sayuran. Diketahui beberapa sayuran yang baik berasal dari daerah yang memang dikenal sebagai penghasil sayuran berkualitas tinggi.

Di Indonesia ada daerah yang sudah dikenal sebagai daerah penghasil sayuran seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Jambi. Jadi pada saat belanja sayuran di pasar atau swalayan sobat kuliner dapat tanyakan asal sayuran itu berasal dari mana .

2. Perhatikan Warna Sayuran

Mengamati warna sayuran yang akan dibeli menjadi salah satu cara berikutnya yang harus diperhatikan pada saat sobat kuliner membeli atau memilih sayuran. Kondisi sayuran yang baik dan segar umumnya akan memiliki warna hijau segar.

Dengan warna sayuran hijau segar maka kandungan vitamin, serat dan nutrisi masih tinggi. Jika sayuran yang ingin dibeli sudah menunjukan perubahan warna dari hijau segar menjadi hijau pucat dan sedikit menguning, alangkah baiknya jangan dipilih.

3. Jangan Beli Sayuran Terlalu Matang

Cara memilih sayuran yang baik dan benar, sobat kuliner jangan memilih sayuran yang terlalu matang. Masih berkaitan dengan cara memilih di atas yakni warna sayuran, untuk mengetahui tingkat kematangan dapat dilihat dari warna sayuran.

Biasanya sayuran yang sudah lama akan memiliki perubahan warna menjadi lebih kekuningan, dari warna tersebutlah ciri-ciri sayuran sudah matang. Jadi saat sobat kuliner sedang belanja sayuran dan jumpai sayuran yang sudah terlalu matang, maka jangan diambil.

4. Perhatikan Aroma Sayuran

Cara memilih sayuran yang baik dan segar juga dapat dilakukan dengan memperhatikan aroma sayuran. Segar atau tidaknya sayuran nantinya akan mudah dikenali dari aroma baru yang dikeluarkan dari sayuran itu sendiri.

Sebagai contoh, sebut saja sayuran kubis (kol). Di mana sayuran kubis yang segar akan memiliki bau cukup menyengat. Akan tetapi semakin tua kubis nantinya akan keluarkan aroma bau yang jauh menyengat.

5. Beli Sayuran Dengan Bentuk Baik

Tidak hanya aroma bau yang dihasilkan, untuk mendapatkan kualitas sayuran yang baik dan segar pada saat berbelanja sobat kuliner juga dapat memperhatikan dari bentuknya. Kondisi sayuran yang baik dan segar dapat terlihat jelas dari bentuknya.

Selain itu, bentuk sayuran akan berpengaruh terhadap teksturnya. Untuk tekstur sayuran yang baik dan masih segar biasanya akan lebih keras dan tidak keriput. Namun jika sobat kuliner jumpai sayuran lembek itu tandanya sudah terlalu matang dan kurang bagus, jadi jangan dipilih.

6. Perhatikan Ukuran Sayuran

Cara memilih sayuran yang baik dan segar berikutnya adalah memperhatikan ukuran dari sayuran. Sobat kuliner yang ingin belanja sayuran dapat memilih sayuran dengan ukuran kecil dan muda karena diyakini lebih sehat dan kaya kandungan.

Tidak hanya itu, sayuran berukuran kecil dan muda juga diyakini dapat membuat tekstur lebih lebih empuk dan proses pengolahan menjadi makanan tidak butuhkan waktu lama. Dari tingkat keempukkan sayuran maka akan ciptakan masakan yang lezat.

7. Jangan Beli Sayuran yang Diawetkan

Bahaya zat kimia yang masuk ke tubuh dari mengkonsumsi sayuran akan sangat berbahaya.. Maka dari itu, memilih sayuran yang baik dapat dilakukan dengan cara memilih sayuran yang tanpa diawetkan dengan bahan kimia.

Mengetahui sayuran diawetkan caranya sangat mudah. Pertama dapat dilakukan dengan cara mencium bau dari sayuran, biasanya sayuran yang diawetkan cenderung memiliki bau yang khas. Kedua sobat kuliner dapat langsung menanyakan pada penjual apakah sayur diawetkan atau tidak.

8. Beli Sayuran Organik

Tips maupun cara memilih sayuran yang baik berikutnya adalah dengan memilih sayuran organik. Hal itu dikarenakan sayuran organik jauh lebih sehat akibat tidak adanya bahan kimia dan pestisida pada saat proses penanaman.

Dalam mengetahui apakah sayuran itu organik atau tidak dapat dilakukan seperti cara mengetahui sayuran yang diawetkan yaitu dengan memperhatikan baunya dan langsung tanyakan pada penjual atau petaninya.

9. Perhatikan Kandungan Nutrisi

Tidak hanya memperhatikan hal-hal di atas, dalam proses memilih sayuran yang baik, segar dan berkualitas sobat kuliner juga perlu memperhatikan kandungan nutrisi pada sayuran. Jadi silakan memilih sayuran yang kaya akan vitamin, nutrisi, mineral dan lainnya.

Pemilihan sayuran yang tepat akan menjadikan kebutuhan tubuh akan terpenuhi, jadi saat berbelanja sayuran sobat kuliner perlu untuk memperhatikan kandungan-kandungan yang ada pada sayurannya.

10. Pilih Sayuran Muda dan Hindari yang Tua

Tidak hanya memilih sayuran dengan ukuran kecil, cara memilih sayuran yang baik juga dapat dilakukan dengan memperhatikan muda atau tuanya dari sayuran tersebut. Hindari sayuran yang sudah tua karena kandungan nutrisi, vitamin dan lainnya sudah berkurang.

Mengetahui sayuran tua atau tidak dapat dilihat ukuran, warna dan tingkat kesegarannya. Jika sobat kuliner menjumpai sayuran yang berubah ukuran dan tampilan keriput, warna layu / menguning sehingga sudah tidak segar lagi alangkah baiknya jangan dibeli.

11. Perhatikan Ketersediaan Sayuran

Cara memilih sayuran yang baik dan berkualitas berikutnya bisa dilakukan dengan menanyakan ketersediaan. Tanyakan ketersediaan sayuran pada penjual dilakukan ketika sobat kuliner sudah melakukan cara memilih sayuran di atas dan tidak menemukan sayuran yang diinginkan.

Tidak hanya memperhatikan ketersediaan sayuran pada penjualnya, sobat kuliner juga dapat memilih sayuran yang musimnya sedang berlangsung. Seperti diketahui, sayuran yang sudah masuk musimnya akan memiliki tampilan jauh lebih segar.

12. Pilih Sayuran Sesuai Resep

Tidak hanya beberapa cara memilih sayuran di atas, memilih sayuran yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuai resep juga menjadi hal terpenting. Hal inilah yang nantinya akan menjadikan hasil akhir dari masakan yang dibuat.

Ditambah dengan racikan bumbu dapur sesuai resep, maka nantinya olahan sayuran dibuat semakin nikmat dan lezat. Maka dari itu memilih sayuran yang sesuai dengan resep adalah kunci bagi sobat kuliner agar dapat ciptakan olahan makanan yang diinginkan.

13. Jangan Beli Sayuran Terlalu Banyak

Memilih sayuran sesuai kebutuhan juga perlu diperhatikan, jadi jangan sampai membeli sayuran terlalu banyak. Hal ini dapat akibatkan kualitas sisa sayuran yang tidak langsung diolah akan berubah dari segi kandungan nutrisi dan vitamin.

Meskipun sayuran dapat disimpan supaya tetap segar, namun jika terlalu lama akan tetap pengaruhi kualitas. Oleh sebab itu, sobat kuliner dapat memperkirakan kebutuhan sayuran yang dibeli dengan porsi olahan masakan yang ingin dibuat.

14. Ambil Langsung Dari Petani

Cara memilih sayuran yang baik dapat dilakukan dengan membelinya secara langsung ke petani. Pembelian sayuran langsung ini membuat sobat kuliner mengetahui kualitas, bahkan dapat melihat secara langsung proses panen dari kebun.

Dengan hal itulah nantinya sobat kuliner bisa mendapatkan sayuran yang diinginkan, selain itu jelas kualitas dari sayuran yang dibeli langsung dari petani adalah pilihan terbaik. Tidak hanya itu, membeli sayuran langsung pada petani harga akan lebih murah.

15. Membeli Sayuran Segar

Selain cara memilih sayuran di atas, yang jelas sobat kuliner saat membeli sayur harus memperhatikan kesegaran dari sayuran. Sebab dengan tingkat segar dari sayuran akan berpengaruh terhadap kualitas sayur dari segi kandungannya.

Dalam pemilihan sayuran yang segar sobat kuliner dapat menanyakan pada penjual atau bahkan datang langsung ke petani. Dengan pembelian langsung pada petani akan terjamin tingkat segar sayuran dan tentu saja kualitas terbaik.

16. Membeli di Pagi Hari

Cara memilih sayuran yang baik berikutnya adalah dengan membeli sayuran di pagi hari. Hal itu dikarenakan semua jenis sayuran akan jauh lebih segar, belum layu dan berubah tekstur.

Maka dari itu bagi sobat kuliner perlu membeli sayuran dapat datang ke penjual ataupun pasar secara langsung guna dapatkan sayuran yang masih segar.

17. Beli Sayuran yang Belum Dibersihkan

Selain itu memilih sayuran yang baik juga dapat dilakukan dengan membeli sayuran yang belum dibersihkan. Kondisi sayuran yang belum bersihkan sendiri yaitu masih terdapat daun dan akar pada sayurannya.

Dengan adanya akar dan daun pada sayuran menjadikan ciri sayuran masih alami dan baru saja dipanen. Tentu dengan memilih sayuran yang belum dibersihkan ini dapat dipastikan kualitas baik dari sayuran tetap terjadi.

18. Cuci Sayuran Sebelum Dimasak

Selain cara memilih di atas, sebelum melakukan pengolahan sayuran menjadi makanan sobat kuliner wajib mencuci sayuran. Tujuan dari hal ini adalah untuk membasmi atau membuang semua kotoran dan zat kimia yang ada pada sayuran.

Dengan begitu, sayuran yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh akan aman tanpa ada efek samping yang membahayakan. Untuk proses cuci sayuran alangkah baiknya dilakukan dengan air mengalir.

Ciri-Ciri Sayuran yang Baik

Ciri Ciri Sayuran yang Baik
Source: bobo.grid.id

Melihat dari cara memilih sayuran di atas, tentu sobat kuliner dapat mengetahui ciri-ciri sayuran yang baik. Namun untuk lebih jelasnya, di sini corecitypark akan berikan beberapa ciri-ciri sayuran yang baik dan berkualitas.

  • Sayuran terlihat segar.
  • Warna sayuran cerah.
  • Tampilan sayuran tidak keriput.
  • Tekstur sayuran tidak lembek.
  • Sayuran organik.

Memilih dan belanja sayuran dengan melihat ciri-ciri di atas dapat dipastikan jika kualitas dari sayuran baik dan bagus. Jadi sekali lagi, bagi sobat kuliner perlu memperhatikan ciri sayuran yang baik guna mendapatkan sayuran sesuai keinginan.

Tips Bagaimana Cara Menyimpan Sayuran yang Baik dan Benar

Tips Bagaimana Cara Menyimpan Sayuran yang Baik dan Benar
Source: lifestyle.kompas.com

Setelah berhasil mengetahui cara memilih sayuran yang baik di atas dan berhasil membelinya, sobat kuliner kerap tidak mengolah sayuran tersebut semuanya. Dari sisa sayuran tersebut, sobat dapat menyimpannya.

Terdapat beberapa tips bagaimana cara menyimpan sayuran yang baik dan benar, lantas apa saja tips menyimpan tersebut? Berikut adalah beberapa tips menyimpan sayuran:

  • Pastikan sayuran dalam kondisi bersih atau terlebih dahulu dicuci.
  • Pilah dan sortir sayuran yang memiliki kondisi masih bagus.
  • Pisahkan sayuran yang lepaskan gas dengan jenis sayuran yang sensitif akan gas.
  • Memasukkan sayuran yang berhasil dipilih ke dalam kantong plastik.
  • Setelah berada di dalam kantong plastik, baru sobat kuliner dapat menyimpan di kulkas.
  • Jika tipe sayuran dapat dibekukan, maka dapat simpan di frezzer yang miliki suhu -18 derajat celcius.
  • Jika sayuran miliki tingkat lembab tinggi, maka dapat dibungkus dengan tisu. Dengan tisu inilah dapat jaga lembab, sehingga tidak perlu menyimpan ke dalam kulkas.
  • Jika sayuran sudah dikeringkan maka dapat menyimpan terlebih dahulu ke dalam box.

Jelaskan Manfaat Sayur Bagi Tubuh?

Selain pembahasan mengenai cara memilih sayuran yang baik di atas, corecitypark akan jelaskan manfaat sayur bagi tubuh. Sudah dijelaskan sedikit di atas, jika sayuran yang baik dan segar akan mengandung banyak nutrisi dan serat.

Nutrisi, serat dan kandungan lain yang ada pada sayuran ini yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Dengan hal itu makan atau konsumsi sayuran merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat dari sayuran bagi tubuh? Terdapat banyak manfaat bagi sobat kuliner ketika konsumsi sayuran hijau dalam setiap hari. Di antara lain manfaat sayur bagi tubuh di antara lainnya seperti:

  • Menjadi menu makanan sehat.
  • Sebagai sumber energi untuk tubuh.
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Menjaga dan membuat kulit tetap sehat.
  • Memperlancar pencernaan (BAK dan BAB).
  • Tingkatkan daya ingat.
  • Turunkan berat badan.
  • Cegah stres berlebih.
  • Cegah jantung dan kanker.
  • Bersihkan racun pada tubuh.
  • Perkuat tulang.
  • Jaga dan cegah kelahiran bayi cacat.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Makan Sayur?

Bagi sobat kuliner dan anak-anak yang tidak mau makan sayur dapat munculkan dampak bahaya, salah satunya adalah bisa mengalami penyakit kronis di kemudian hari. Namun yang jelas tidak konsumsi sayuran akan alami masalah pencernaan dan kekurangan gizi.

Dalam hal ini, orang atau anak-anak yang tidak pernah mengkonsumsi sayur akan terlihat sangat jelas pada fisik tubuhnya. Seperti mood berantakan, mudah merasa lapar, kerap alami kram otot, sembelit, tubuh mudah terasa lelah, tubuh terasa kurang segar, dan mata sedikit sayu.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk konsumsi sayur setiap hari agar nantinya tubuh tetap terjaga sehat. Dengan konsumsi sayuran tersebutlah nantinya akan memenuhi kebutuhan tubuh sehingga masalah kesehatan dapat terhindar.

Akhir Kata

Demikian kiranya pembahasan dapat corecitypark mengenai tips bagaimana cara memilih sayuran yang bagus, segar dan sehat. Pemilihan sayuran ini yang baik akan munculkan efek yang bagus pada hasil masakan dan juga tubuh.

Tidak hanya itu, di atas juga kami jelaskan bagaimana tips memilih, ciri-ciri sayuran yang bagus, dan efek ataupun akibat jika sobat kuliner tidak konsumsi sayur. Jadi, silakan untuk pilih sayuran yang baik dan segar pada saat berbelanja.

Photo of author

Firman Herdiansah

Seorang pakar kuliner dengan pengetahuan luas tentang dunia masak, restoran, peralatan dapur, dan segala hal yang berkaitan dengan dunia kuliner. Sekarang ini menjadi salah satu penulis di website corecitypark.com.

Share:

Related Post