Ciri-Ciri Kemasan yang Baik Untuk Produk Sayuran Segar

Firman Herdiansah

Memilih sayuran ketika berbelanja kebutuhan dapur tidak hanya memperhatikan kualitas dari sayurannya saja. Melainkan perlu juga mengetahui ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar.

Dengan mengenali ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dari sayuran, apalagi jika bunda membeli sayuran online dengan jarak tempuh cukup jauh.

Maka dari itu, dengan adanya pembahasan ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar yang akan corecitypark.com sampaikan ini diharapkan membantu dan dapat dipahami oleh sobat kuliner maupun para bunda.

Lantas apa ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar? Di sini kami berhasil rangkum ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran, jadi silakan simak ciri-cirinya di bawah ini sampai akhir.

Ciri-Ciri Kemasan yang Baik Untuk Produk Sayuran Segar

Syarat Atau Ciri Ciri Kemasan yang Baik Untuk Produk Sayuran Segar
Source: kumparan.com

Terkait ciri-ciri maupun persyaratan kemasan yang baik untuk produk sayuran segar terdiri dari beberapa. Mengenai ciri tersebut kami sudah rangkum lengkapnya, jadi silakan lihat ciri-ciri tersebut di bawah ini.

1. Kemasan Mudah Digunakan

Ciri atau persyaratan membuat kemasan yang baik untuk produk sayuran segar pertama adalah kemasan mudah digunakan. Kemasan yang baik yakni kemasan yang mudah dibawa, tetap menjaga kualitas produk sayuran, serta memudahkan pada saat ingin dikonsumsi.

Tidak hanya fungsi yang memudahkan, kemasan dengan desain tampilan menarik juga akan menambahkan daya tarik tersendiri bagi konsumennya. Di sini kemasan dapat ditambah dengan desain imajinasi kreatif namun tidak rumit agar nantinya tidak membingungkan para konsumen.

2. Kemasan Bisa Berguna Kembali

Ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar yakni kemasan bisa digunakan kembali seperti keranjang belanjaan, tas kertas atau tote bag. Dengan penggunaan kemasan tersebut, maka nantinya dapat digunakan kembali pada saat belanja sayuran di kemudian hari.

Kemasan yang dapat digunakan kembali ini nantinya bisa disimpan terlebih dahulu sebelum dipakai kembali. Ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar dan dapat digunakan lagi ini terbuat dari bahan awet dan tahan lama. Selain tahan dengan berat, usia pemakaian juga akan lebih lama.

3. Kemasan Menggunakan Bahan Ramah Lingkungan

Ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar selanjutnya adalah kemasan menggunakan bahan ramah lingkungan. Contoh kemasan produk yang ramah lingkungan di antara lain seperti tas anyaman, daun, tas reusable, kardus, cassava bag, dan kemasan yang terbuat dari kulit jagung.

Mengenai kemasan anyaman dari kulit jagung dapat menjadi alternatif untuk gantikan plastik atau styrofoam. Sobat kuliner dan para bunda juga bisa menggunakan kulit jagung langsung untuk membungkus produk sayurannya. Dengan kemasan bahan alami tersebut menjadikan sangat ramah lingkungan.

4. Kemasan Terdapat Informasi Penting

Tidak hanya terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan desain unik, ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar selanjutnya yaitu pada kemasan terdapat informasi penting. Seperti misalnya sertakan informasi kode produksi dan kode expired.

Dengan adanya dua informasi tersebut maka sangat membantu konsumen untuk melihat waktu ketahanan dari produk sayuran segarnya. Bahkan ciri kemasan yang baik juga akan sertakan informasi dalam kemasan produk yang dapat menyempurnakan kemasan dari produknya.

Demikian beberapa ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar, kenali ciri tersebut agar nantinya sobat kuliner dapat memilih dan menggunakan kemasan yang baik pada saat belanja sayuran maupun buah-buahan. Dengan begitu kualitas atau kondisi sayuran tetap terjaga kesegarannya.

Tips dan Cara Packing Sayuran Agar Tetap Segar

Cara dan Tips Packing Sayuran Agar Tetap Segar
Source: rajarak.co.id

Selain ciri-ciri di atas, corecitypark juga akan jelaskan mengenai tips dan cara packing sayuran agar tetap segar untuk para bunda yang kebetulan ingin melakukan pengiriman sayuran ke teman, saudara, kerabat yang ada di luar kota atau daerah.

Dengan teknik pengemasan buah dan sayuran ini nantinya besar kemungkinan dapat bertahan serta tetap segar pada saat diterima oleh pihak yang dituju. Lalu bagaimana cara packing atau teknik pengemasan yang benar? Silakan ikuti langkah di bawah ini.

1. Cek Kualitas Sebelum Dikirim

Langkah awal silahkan cek kualitas sayuran sebelum dikirim dan pastikan jika sayuran masih dalam keadaan segar, hijau segar, kondisi baik tidak layu. Jika menemukan sayuran busuk maka segara pisahkan, dan ganti dengan sayuran baru yang masih fresh.

2. Pastikan Stok Sayuran

Masih berkaitan dengan langkah pertama, guna meminimalisir kekurangan stok sayuran akibat perlu mengganti sayuran yang sudah tidak segar. Maka perlu memastikan jika stok sayuran masih tersedia dari melebihi kebutuhan pesanan para konsumen.

3. Kondisi Penyimpanan

Kemudian tips atau cara packing sayuran agar tetap segar pada saat dikirim, dapat memastikan suhu ruangan tidak lebih dari 20 derajat celcius selama kurun waktu 1-2 hari (proses pengiriman). Untuk urusan suhu ini, sayuran segar dapat ditempatkan pada wadah seperti styrofoam atau wadah alami yang terbuat dari bambu.

4. Pakai Kemasan yang Baik dan Tepat

Tidak hanya wadah untuk mengatur suhu, penggunaan kemasan yang baik dan tepat juga jadi salah satu cara dapat kamu gunakan. Untuk ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar sudah dijelaskan di atas.

5. Beri Sirkualisi Udara pada Kemasan

Tips atau cara selanjutnya yakni memberikan sirkulasi udara pada kemasan. Sayuran akan tetap bernafas meskipun setelah dipanen, hal itu karena sayuran masih menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida bahkan pada saat dikemas. Tentu dengan memberi sirkulasi udara menjadi hal penting.

6. Perhatikan Ketahanan Sayuran

Tidak hanya tips dan cara packing sayuran agar tetap segar, bagi sobat kuliner dan para bunda yang ingin mengirimkan sayuran ke dengan cara pengiriman maka dapat memastikan ketahanan sayuran. Di sini dapat diperkirakan beberapa hari sayuran akan berubah atau layu.

7. Gunakan Jasa Pengiriman yang Cepat

Setelah semua packing sudah dilakukan, tips atau cara terakhir adalah memilih dan menggunakan jasa pengiriman yang cepat. Di Indonesia sendiri saat ini ada banyak jasa pengiriman yang menawarkan proses pengiriman secara cepat. Namun ini kembali ke jarak tempuh dari lokasi pengirim ke penerimanya.

Itu adalah tips dan cara packing sayuran agar tetap segar pada saat dikirimkan ke luar kota menggunakan jasa pengiriman. Dengan melakukan packing atau pengemasan seperti di atas maka sayuran besar kemungkinan akan tetap segar pada saat diterima.

Akhir Kata

Demikian pembahasan dapat corecitypark.com sampaikan mengenai ciri-ciri kemasan yang baik untuk produk sayuran segar. Diharapkan dengan adanya ciri-ciri kemasan yang baik di atas dapat bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Tidak hanya itu, di atas kami juga jelaskan tips dan cara packing sayuran agar tetap segar pada saat dikirimkan ke luar kota. Jadi pahami ketika ingin melakukan pengiriman sayuran dengan jarak tempuh, agar nantinya kualitas sayuran tetap terjaga segar.

Share:

Related Post