Harga Cabai Rawit Hijau dan Merah Per Kg Hari Ini

Firman Herdiansah

Ketika cabai rawit habis, sobat kuliner dan para bunda perlu membelinya di warung atau pasar terdekat. Sebelum membeli, pertanyaan berapa harga cabai rawit hijau dan merah hari ini? pastinya akan terlintas.

Dengan munculnya sebuah pertanyaan harga cabai rawit di atas, maka di sini corecitypark.com akan bantu jelaskan informasi harga cabai rawit mulai rawit hijau dan rawit merah terbaru hari ini secara lengkap.

Ya, cabai rawit menjadi salah satu bumbu dapur yang harus ada setiap harinya di dapur, terutama bagi para pecinta makanan pedas. Jadi miliki stok cabai rawit di dapur adalah hal wajib bagi sobat kuliner dan para bunda.

Jadi agar sobat kuliner dan para bunda mengetahui harga cabai rawit terbaru per kg hari ini, silakan simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir. Dengan begitu rasa penasaran harga cabai rawit bisa terjawabkan.

Harga Cabai Rawit Hari Ini

Harga Cabai Rawit Hari Ini
Source: ekonomi.bisnis.com

Terkait harga cabai rawit sendiri dapat dikatakan naik turun setiap waktunya, bahkan per hari bisa harga cabai bisa berubah harga. Lantas berapa harga cabai rawit hari ini di pasar?

Cabai Rawit Hijau

Cabai rawit hijau menjadi salah satu jenis cabai yang memiliki karakteristik tidak terlalu pedas dibandingkan dengan cabai rawit merah. Nah jenis cabai inilah yang pertama akan kami bahas soal harganya.

Untuk jenis cabai rawit hijau, bisa dikatakan harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan cabai rawit merah. Di mana saat ini harga cabai rawit hijau mencapai angka Rp 70.000 per kg.

Jadi dapat disimpulkan untuk 1/2 kg dihargai Rp 35.000 dan 1 ons Rp 70.000. Harga tersebut bisa saja terus naik atau bahkan turun tergantung denga faktor-faktor yang bisa menyebabkan kenaikan harga.

Cabai Rawit Merah

Setelah tahu harga cabai rawit hijau, selanjutnya sobat kuliner dan para bunda tinggal mengetahui harga dari cabai rawit merah. Disinggung sedikit di atas, jika cabai merah memiliki harga yang lebih mahal.

Lantas berapa harga cabai rawit merah per kg hari ini? Untuk rawit merah di pasar tembus angka Rp 100.000 per kg atau Rp 50.000 per 1/2 kg. Jadi jika bunda membeli 1 ons maka dihargai sebesar Rp 10.000.

Harga cabai tersebut adalah harga di pasar, jika sudah masuk ke warung sayuran harga bisa saja berubah. Hal itu dikarenakan pihak penjual akan mengambil keuntungan yang berbeda-beda.

Apakah sama antara harga cabai rawit merah dan cabai keriting merah? Ya, dalam beberapa hari belakangan cabai rawit cenderung sama yakni mencapai angka Rp 100.000 untuk 1 kg.

Apa Penyebab Harga Cabai Naik?

Penyebab Harga Cabai Naik
Source: genpi.co

Melihat dari harga rawit di atas, dapat dikatakan ada kenaikan dari beberapa hari sebelumnya. Lantas apa yang menjadikan harga cabai naik? Pertanyaan tersebut kerap terlontar tentunya.

Kenaikan harga cabai dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dan faktor penyebab utama kenaikan harga cabai adalah karena faktor cuaca, faktor inilah yang menjadikan produksi para petani cabai menurun dan harga alami kenaikan.

Tidak hanya cuaca, kenaikan sebuah harga cabai juga masih berkaitan dengan kegiatan pemasaran. Jika dibandingkan dengan harga di daerah konsumen, harga rawit di daerah produsen lebih rendah.

Contoh harga cabai rawit merah hari ini di Temanggung bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan harga cabai di daerah konsumen. Itu dikarenakan Temanggung, Jawa Tengah jadi daerah penghasil cabai.

Tidak hanya itu, cabai dan bumbu dapur bisa alami kenaikan harga pada saat memperingati hari-hari besar seperti bulan ramadan / puasa, lebaran, natal dan akhir tahun / tahun baru. Jadi tidak heran jika di hari-hari tersebut ada kenaikan harga.

Tips Memilih Cabai Rawit Segar dan Pedas

Tips Memilih Cabai Rawit Segar dan Pedas
Source: kalteng.antaranews.com

Setelah tahu harga cabai rawit hari ini di atas, selanjutnya bunda dan sobat kuliner yang ingin membeli cabai rawit maka perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih cabai rawit segar dan pedas. Berikut adalah beberapa tips memiihnya:

1. Amati Warna

Memilih atau membeli cabai rawit segar dan pedas dapat dilihat dari warna cabainya. Ya, warna dapat dimanfaatkan sebagai indikator kesegaran bumbu dapur pedas ini.

Ciri cabai rawit hijau atau merah segar ditandai dengan warna cabai yang cerah. Jika warna sudah mulai memudar, maka bisa dikatakan kualitas cabai sudah menurun.

2. Lihat Bentuk

Tips kedua adalah melihat bentuk cabai. Ya, cabai rawit segar dan pedas akan mudah dikenali dari bentuknya. Umumnya cabai lurus dan tidak melengkung adalah klasifikasi cabai segar dan bagus.

Dari bentuk cabai rawit lurus itu dikarenakan pertumbuhan sempurna tanpa adanya gangguan penyakit maupun hama. Jadi para bunda jika ingin membeli cabai rawit pilihlah yang bentuknya lurus.

3. Perhatikan Ukuran

Ukuran juga bisa dijadikan tanda jika cabai rawit benar-benar segar. Karena untuk cabai rawit yang baik untuk dikonsumsi adalah yag berukuran sedang alias tidak terlalu besar dan kecil.

Pemilihan cabai rawit berukuran sedang dapat menjamin jika tekstur daing yang padat berisi, tidak ada gangguan hama. Jadi sangat penting rupanya memperhatikan ukuran cabai saat pembelian.

4. Cek Tekstur

Tidak hanya tips-tips di atas, tekstur cabai juga berpengaruh pada kualitas kesegaran cabai. Untuk cabai rawit segar umumnya miliki tekstur keras dan renyah saat digigit.

Jika bunda menjumpai cabai dengan tekstur yang lembek, besar kemungkinan cabai sudah lama sehingga tingkat kesegaran dari cabai sudah menurun. Jadi, hindari memilih cabai dengan tekstur sudah lembek.

5. Lihat Kulit

Tips memilih dan membeli cabai selanjutnya adalah melihat kulit cabainya. Karena cabai rawit segar akan cenderung memiliki kulit mulus bersih tanpa adanya bercak dan keriput.

Dengan begitu, pada saat pembelian cabai rawit pilihlah cabai dengan kulit mulus tanpa ada tanda-tanda yang kami sebutkan. Dengan begitu nutrisi dan kandungan air masih sangat baik.

6. Perhatikan Batang

Memilih cabai rawit segar juga bisa dengan memperhatikan batangnya. Ya, umumnya cabai akan melekat pada batangnya, ini dapat tanda jika cabai baru saja dipanen atau dipetik.

Usahakan pada saat bunda melakukan pembelian cabai rawit di warung atau di pasar, senantiasa memperhatikan batang. Penanda jika cabai masih segar juga bisa dilihat dari batang yang belum layu.

7. Cium Aroma

Tips memilih dan membeli cabai rawit segar adalah dengan memperhatikan aroma atau bau dari cabai rawitnya. Memang cabai miliki aroma khas, namun untuk mengetahui kesegaran cabai juga dapat dikenali dari aromanya.

Umumnya untuk cabai rawit sudah lama akan munculkan aroma yang memudar mulai menghilang. Bahkan bisa saja, aroma atau bau cabai sudah tidak tercium sama sekali.

8. Pilih Penjual

Tips memilih cabai rawit segar adalah dengan memperhatikan penjualnya. Misalnya bunda bisa membeli cabai di pasar pada pagi hari, hal itu dapat dipastikan kesegarannya karena cabai baru saja dikirim petani.

Jika ingin memastikan apakah cabai rawit benar-benar segar, bunda dan sobat kuliner dapat membeli langsung pada petani. Umumnya dengan pembelian langsung di petani, cabai rawit baru saja dipetik.

9. Lihat Harga

Selain beberapa tips memilih cabai rawit segar di atas, hal yang harus dipertimbangkan lainnya adalah soal harga. Ya, harga di setiap penjual tentu saja berbeda satu sama lain.

Jika ada sebuah perbedaan maka tidak terlalu jauh selesihnya. Maka dari itu pembelian cabai rawit penting sekali mencari penjual yang menawarkan harga termurah. Bunda dapat mencari perbandingan disetiap penjualnya.

Bahkan untuk bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah, bisa juga membelinya langsung kepada produsen atau petani cabai rawit. Biasanya harga cabai yang diambil langsung dari petani akan ada perbedaan dengan penjual di pasar atau warung.

Akhir Kata

Seperti itu saja pembahasan dapat kami sampaikan terkait harga cabai rawit merah dan hijau per kg hari ini. Harga rawit di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari faktor-faktor yang ada.

Tidak hanya itu, kami juga jelaskan beberapa tips dalam memilih maupun membeli cabai rawit segar dan pedas. Dengan tips tersebut bunda bisa dapatkan cabai rawit terbaik.

Share:

Related Post