Lampu Dapur Berapa Watt? Ruangan dan Jenis Lampu

Fian Dwiki

Agar pencahayaan dapur bisa lebih optimal di malam hari, kamu perlu mengetahui berapa Watt lampu yang digunakan. Dalam menentukan kebutuhan lampu, nantinya ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Sebagai seorang Ibu Rumah Tangga atau siapapun yang sering menghabiskan waktu di Dapur, mungkin kamu percaya kalau lampu dapur memiliki Watt terlalu tinggi atau terlalu kecil ternyata bisa mempengaruhi kenyamanan sekaligus Kesehatan mata.

Lantas, berapa Watt lampu yang direkomendasikan untuk menerangi ruangan Dapur? Melalui artikel berikut kami bakal menjelaskan secara lengkap mengenai hal tersebut. Disamping itu pemilihan lampu nanti juga disesuaikan dengan ukuran ruangan, jenis lampu dan lain sebagainya.

Ketika sudah mengetahui lampu Dapur berapa Watt dan menerapkan nya di rumah maupun di Kantor, maka akan ada banyak manfaat yang diperoleh. Supaya lebih jelas, langsung saja simak informasi berapa Watt lampu yang cocok untuk Dapur berdasarkan ukuran ruangan, jenis lampu maupun faktor lainnya.

Lampu Dapur Berapa Watt

Lampu Dapur Berapa Watt

Ketika menonton acara masak memasak di Televisi, pastinya kamu akan melihat Dapur yang begitu bersih, rapi serta memiliki pencahayaan yang pas. Ya, kebutuhan cahaya atau penerangan di Dapur terkadang luput dari perhatian.

Beberapa orang memilih membuat Dapur Outdoor agar bisa memperoleh penerangan dari sinar Matahari ketika Siang. Lalu di malam hari, biasanya ada lampu di beberapa titik sebagai penerangan seadanya.

Tapi untuk Ibu Rumah Tangga yang memiliki Dapur Indoor (di dalam ruangan) tentu perlu memikirkan berapa Watt lampu untuk ruangan tersebut. Ada beberapa istilah yang bisa digunakan untuk menentukan lampu Dapur berapa Watt, yaitu:

  • Lux (lx)

Istilah ini merupakan satuan yang dipakai untuk menentukan jumlah intensitas cahaya di setiap meter persegi pada suatu permukaan ruangan. Di setiap bagian di dalam rumah memiliki standar Lux yang berbeda-beda, tak terkecuali untuk Dapur.

  • Lumen (lm)

Kemudian ada istilah Lumen (lm) untuk menentukan total cahaya yang dihasilkan oleh sumber penerangan, seeprti Lampu dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Lumen bisa menjadi penentu tingkat kecerahan lampu di suatu ruangan, semakin terang nyala lampu nya maka semakin tinggi Lumen yang dihasilkan.

  • Watt (W)

Sedangkan Watt sendiri adalah satuan untuk menunjukkan jumlah daya yang diperlukan lampu guna menghasilkan cahaya. Semakin terang nyala lampu yang dihasilkan, maka semakin besar juga Daya yang dibutuhkan. Nah, kira-kira berapa Daya yang diperlukan untuk Dapur?

Sampai disini kamu sudah tahu apa saja istilah dalam menentukan kebutuhan lampu di suatu ruangan. Selanjutnya mari kita bahas tentang lampu Dapur butuh berapa Watt.

Kebutuhan Daya untuk lampu di Dapur sebenarnya sudah ada standar nya, yaitu antara 4 sampai 100 Watt (semakin terang semakin memakan banyak Daya). Tapi seperti kami singgung di atas bahwa kebutuhan Daya lampu Dapur juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut:

Baca Juga: Magic Warmer Artinya? Keunggulan, Perbedaan, Cara Gunakan

1. Berdasarkan Ruangan

Pertama, kebutuhan Daya untuk lampu Dapur dapat dipengaruhi oleh berapa ukuran dari ruangan itu sendiri. Dalam mengukur berapa Watt lampu Dapur berdasarkan ruangan, kamu perlu memahami satuan Lux (lx).

Dengan begitu kamu bisa memperkirakan berapa Watt lampu untuk ruangan 4×4 ruangan 3×3, Dapur di kamar kos dan lain sebagainya. Semakin lebar atau luas ukuran ruangan, maka semakin besar pula Daya yang dibutuhkan.

Dapur luas biasanya terdapat di Rumah Makan atau pelaku bisnis Kuliner rumahan. Pada Dapur yang besar dan luas, kita bisa melakukan aktivitas masak dalam jumlah besar, seperti membuat Nasi Liwetan, Tumpeng dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Jenis / Merk Lampu

Selain ukuran, kamu juga bisa menyesuaikan berapa kebutuhan Daya untuk penerangan di Dapur berdasarkan jenis atau merk lampu. Perlu diketahui bahwa setiap jenis dan merk lampu mempunyai tingkat penerangan yang berbeda, meskipun besaran Watt nya sama.

Contohnya pada lampu Philips LED ukuran 20 Watt dengan lampu Broco Jari 20 Watt, keduanya memiliki Daya 20 Watt, tapi jenis dan merk nya berbeda. Dalam hal ini, Philips akan jauh lebih terang, karena menang sudah terbukti kualitas nya.

Belum lagi Philips juga sudah menambahkan teknologi canggih supaya tidak boros Listrik sekaligus bisa memberikan nyala lebih terang. Jika dipasang di Dapur, lampu ini akan sangat membantu ketika sedang membuat Nasi Kuning atau masakan lainnya pada malam hari.

Meski begitu, bukan berarti Broco Jari 20 Watt tidak berkualitas dan boros Listrik. Lampu ini tetap bisa digunakan sebagai penerangan di ruangan lainnya. Akan tetapi kebutuhan Daya Listrik mungkin bisa lebih besar daripada lampu Philips, sebab Broco belum menyematkan teknologi khusus guna menekan konsumsi Daya.

Selain contoh di atas, berikut kami juga punya tabel berisi kebutuhan Daya untuk setiap jenis lampu berapa Watt, tergantung dari tingkat kecerahan:

Tingkat Kecerahan 220

StandardHalogenCFLLED
25 Watt18 Watt6 Watt4 Watt

Tingkat Kecerahan 400

StandardHalogenCFLLED
40 Watt28 Watt9 Watt6 Watt

Tingkat Kecerahan 700

StandardHalogenCFLLED
60 Watt42 Watt12 Watt10 Watt

Tingkat Kecerahan 900

StandardHalogenCFLLED
75 Watt53 Watt15 Watt13 Watt

Tingkat Kecerahan 1300

StandardHalogenCFLLED
100 Watt70 Watt20 Watt18 Watt

Cara Menghitung Kebutuhan Watt Lampu Dapur

Sampai disini kamu sudah tahu kebutuhan Daya untuk lampu Dapur berapa Watt berdasarkan ukuran, jenis lampu dan merk nya. Tapi informasi di atas mungkin hanyalah sebuah estimasi atau perkiraan, dimana kami menyebutkan kalau kebutuhan Daya lampu Dapur sekitar 4 – 100 Watt.

Nah, jika ingin mengetahui secara pasti berapa Watt kamu bisa menggunakan cara di bawah ini:

N = E x L x W / Ø x LLF x Cu x n

Contoh:

N = 200 LUX x 5 meter x 4 meter / 3000 Lumen x 0,7 x 0,5 x 1

N = 4000 / 1050

N = 3,8

Berdasarkan perhitungan di atas, diketahui suatu Dapur memerlukan 3,8 (dibulatkan menjadi 4) lampu di 4 titik berbeda. Dengan begitu, kebutuhan Daya di Dapur tersebut adalah 4 x 40 Watt, yaitu 160 Watt

Baca Juga: Arti Cook dan Warm di Magic Com Beserta Cara Memasaknya

Kesimpulan

Demikianlah informasi dari Corecitypark.com tentang kebutuhan Daya lampu Dapur berapa Watt. Di atas sudah kami sajikan estimasi berapa Watt lampu untuk Dapur sesuai ukuran ruangan, jenis hingga tingkat pencahayaan.

Ada juga rumus untuk menghitung kebutuhan Daya lampu Dapur pada suatu ruangan berdasarkan jumlah (titik lampu). Kamu bisa menggunakan rumus tersebut untuk mengetahui kebutuhan pasti terkait Watt atau Daya sebagai penerangan ruang Dapur.

Photo of author

Fian Dwiki

Seorang pakar kuliner yang memiliki pengetahuan luas tentang restoran, resep, dan tutorial kuliner. Website corecitypark.com menjadi salah satu media online yang saya gunakan untuk berbagi pengalaman di bidang kuliner.

Tags

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar